MEMBUAT KOPI LUWAK/MUSANG

Luwak adalah Musang yang suka makan buah-buhan termasuk buah Kopi/kawe yang sudah masak/abang ranum. Musang memakan buah kopi yang benar-benar masak dan dipilih yang bagus-bagus, dalam pengertian kopi masak yang ranum dan dipilih yang besar-basar . Kulit buah kopi/kawe yang masak / ranum rasanya manis, kulit inilah yang disukai Musang.                                                                                                           
Buah kopi/abang kawe terdiri dari dua lapis kulit, kulit pertama yang berbentuk merah/bagian luarnya lembut dan manis banyak mengandung nutrisi, sedangkan kulit dalam yang membungkus biji kopi adalah berbentuk Cangkang dan keras. Olehkarenanya walau kopi dimakan oleh Musang dan dikeluarkan berupa kotoran /tahi Musang biji kopi tetap aman dikarnakan cangkang kulit ini tetap melindungi biji kopi/kawe.                          
Membuat Kopi Luwak/Musang, sebenarnya gampang nian, Carenye, pilih buah kopi/kawe ye masak lah ranum dan ye  besak-besak. Artinye inilah kopi/kawe pilihan, lalu abang kawe tadi dimasukkan ke dalam drum atau bak lalu diisi dengan air sampai terendam/ rampus. Abang kawe /kopi yang direndam tadi biarkan selama 3(tiga) malam atau lebih sampai kulit luar tadi merekah/membuka. Setelah buah kopi merekah, maka buah/abang kawe tadi dipencet dengan tangan untuk memisahkan kulit luar dan biji kopi yang masih dibungkus dengan cangkang pembungkus biji/beras kopi tadi.                                                                                  
Biji kopi yang masih terbungkus oleh cangkang di jemur sampai benar-benar kering, dan untuk memisahkan cangkang dan biji kopi tadi lalu ditumbuk di lesung. Setelah itu pisahkan cangkang yang sudah remuk dan biji kopi dengan menampi/atau dengan alat lain. Biji kopi yang sudah menjadi baras kopi tadi dicuci dan di jemur sampai kering untuk dijadikan Bubuk kopi.                                                                               
Pengertian Kopi Luwak adalah kopi yang dimakan Musang, karena Musang akan memakan buah kopi yang dipilih antara lain , buah kopi yang benar-benar masak dan yang besar-basar. Jadi kalau hendak mengharapkan kopi yang semua dimakan Musang harus seberapa banyak Musang dan terlalu repot untuk memungut kopi yg sudah menjadi tahi Musang untuk mengumpulkannya.
Jadi alternatif pilihannya adalah membuat sendiri dan ini lah menjadi gawi kami didusun dikale diwaktu kami mau membuat kopi ye berkualitas ,,,,,, Selamat Mencube,,Ye,,,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantun Bersahut Bujang - Gadis (Bujang Tuwe Buntu)

PESAN PUYANG AWAK NJADIKAHJAGAT RAYA

Sejarah Dusun Belimbing (Dusun Mutung)